Pasang iklan

Saturday, December 3, 2011

Ikan Nila komoditas paling laku dipasaran domestic



Permitaan ikan air tawan sangat meningkat dipasaran impor dan ekspor, untuk memperoleh hasil yang  mengutungkan bagi petani tambah, maka diperlukan trik - trik dan metode dalam  membudidaya ikan air tawar jenis ikan nila.  dengan mengunakan tehnik pengelolan pembenihan yang baik, maupun usaha pertambakan sekala kecil ataupun besar dengan menggunakan beragam wadah pemijahan dan menerapkan.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan Nila, dapat menggunakan wadah berupa kolam tergenang, tambak air payau, kolam air deras, maupun keramba jarring apung (KJA). Karena, ikan jenis nila dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. “yang penting, syaratnya kedalaman tambak harus satu meter, luasan tambak maksimal sekitar 300 meter, ukuran tebar 5 sampai 8 centimeter (Cm), dengan masa pemeliharaan 3 sampai 4 bulan. Berat panen ikan nila maksimal 250 gram hingga 300 gram,” 

Dalam kegiatan budidaya ikan air tawar tersebut, langkah dan tahapan yang harus dijaga oleh kelompok masyarakat adalah pengolahan kualitas air, seperti oksigen terlarut (DO), suhu, dan Salinitas tambak air payau.

Tak hanya itu, pemberian pakan juga harus dijaga dengan baik, mengunakan tehnik pemberian pakan 3-5 % daribiomassa, Frekuensi pemberian pakan 3 kali dalam sehari (Pagi, Siang dan Sore), dengan kadar protein pakan minimal 25 - 30 persen. ”Sebab, ukuran permintaan ikan nila di pasaran domestik dan ekspor berbeda. Kalau domestic ukuran ikan biasanya diminta 100 gram sampai 250 gram, namun permintaan pasar ekspor rata - rata ukuranya harus 500 gram. Makanya, benih dan tahapan pengolahan tambak harus dilakukan secara intensif guna memperoleh hasil panen yang memuaskan,”.
By Andil
Share on :

0 comments:

Post a Comment